Kamis, 27 Februari 2014

Jurnal Remaja Labil: I’m Sorry, My Dear Friend



Peace be upon you.

Halo, bertemu lagi dengan saya…. Penulis kelas anaknya teri, Alphard.
            Malam ini, hari ini, ane ingin memperkenalkan teman penulis yang, deket, banget! Alhamdulillah….
           
            Inisialnya DPA, bukan Dewan Pertimbangan Agung tentunya.
            Aih, sebenarnya, malam ini adalah jadwal penulis buat nerusin catetan Struktur Anorganik. -_- Tapi, begitulah…. Otak sudah mulai jenuh, jadi sekarang, ingin mengalihkan perhatian dulu.
            Catatan ini terinspirasi sama catetan teman sekelas penulis, inisial MDA yang tadi siang menulis postingan berjudul Buat yang Mau UN.
            Nah, loh? Apa hubungannya? Sudahlah…, tak penting lah itu sekarang ini.


            Saya yakin semua orang pernah mengalami yang seperti ini:
            Ketika kita sedang diam, bener-bener diam ngelamun gitu aja, pasti sebersit kenangan muncul begitu saja di pikiran. Dan, percayalah, kebanyakan kenangan itu adalah kenangan buruk, bukan?
            Semakin kita terdiam, semua kenangan buruk tersebut menyeruak satu per satu dalam pikiran, membuat kita makin jatuh lebih dalam. Akhirnya, we got blue! Kita jadi galau.
            Beberapa menit lalu, salah satu hal buruk, banget, yang pernah penulis alami, merayap dalam kalbu.
          Kegagalan Semester VI.
Kegagalan UN.
Kegagalan SNMPTN.
Kegagalan Ujian Tulis Poltek X.
Kegagalan SBMPTN.
Kegagalan masuk prodi itu.
Kegagalan masuk jalur regular.
Terdampar lewat jalur abnormal, mandiri.
Enam bulan penuh kegagalan. Ehehehe, penulis jadi nyesek sendiri.
           
            Dell, jujur. Aku. Pernah. Sekali. Iri. Banget. Sama. Kamu.
            Aku pernah ngerasain gimana rasanya seakan dianaktirikan dunia.

            Aku beneran nyesek banget pas tau kamu ketrima SBM, di jurusan yang kamu pilih, sedangkan aku EGAK. Aku, hanya, merasa tertinggal. It felt like I was left behind.
Waktu ngerti kamu ketrima di situ, jujur, aku juga seneng kok! Senengnya, akhirnya kamu udah gak luntang-lantung lagi nyari perguruan tinggi.
Namun, ya, gitu, aku juga nyesek, pake banget. Gak ketrima lagi? Buat yang ketiga kalinya. Rencana C gagal dan harus sampe berapa rencana lagi buat bisa ketrima di situ? Sampe alfabet abis?
Sebenernya, nyeseknya gak ke kamu juga sih…. Tapi juga ke semuanya. U,U
Aku gak pernah minta ke ITB.
Gak pernah minta IPB.
Gak pernah satu kalipun minta UI, Undip, Unpad, ato ITS.
Juga gak minta di UGM.
Aku gak minta buat kuliah di luar Malang.
Aku cuma pengen di prodi itu di universitas itu. Udah, gitu aja.

Pas, kita berempat jalan di Jalan Veteran. Entah kita darimana dan mau kemana.
Seseorang nyeletuk, aku lupa siapa dia, intinya:
Dulu aku gak nurutin apa kata ortuku, mungkin itu kali yang ngebuat gak berhasil berhasil.

Aku:
Aku aja lho yang nurutin kehendak ortu juga masih gagal.

Nyesek bingit. -__-

Sore hari tanggal delapan juli dua ribu tiga belas itu. Aku nyesek senyesek-nyeseknya. Tiga kali didepak dan dua kali didepak dari prodi yang sama. Aku udah milih 3 pilihan, udah aku turunin semua levelnya. Kenapa masih gagal juga????
Aku sebodoh itu tah? Aku segakpantes itu tah? Permintaanku masih terlampau berlebihan tah?
Kenapa di saat yang lainnya diterima? Bahkan yang UN-nya nilainya empat koma tujuh lima, bisa keterima? (Nah, mewek deh!)
Kenapa yang biasa-biasa aja, bisa ketrima gitu aja? Apa perjuanganku sejak dulu masih kurang? Kurang pinter kah?
Kenapa mereka bisa aku gak bisa? Kenapa juga pas gak bisa-nya pas di aku?
Kenapa di saat teman-temanku ketrima, aku egak?

Mungkin perjuanganku kurang banget! Akhirnya, penyesalan datang deh….
Nangis tiga hari tiga malam. Mengurung diri kamar. Tiap kali melek, bawaannya nangis. Tiap kali diem, nangis lagi. Tiap kali buka internet, nangis lagi. Gimana egak?
Isinya semua diterima di XXX. YYY. ZZZ.
“Selamat yaa kamu udah diterima di BBB, CCC”.
Ada yang masang cover photo dari “Selamat Anda blablabla”.
Posting di instagram pun ya “Selamat Anda blablabla”.
Bagaimana gak teriris-iris?

Baca sms, nangis.
Okelah, terima kasih sudah menghibur dengan sms-sms iku!
Tapi, demi Tuhan, itu membuatku makin tersayat. Makin ngerasa m.e.n.y.e.d.i.h.k.a.n. Mungkin, kalian-kalian merasa bahwa iku untuk boosting up the spirit of the fails. :3
Tapi, kadang…. Iku membuat yang depresi jadi makin depresi, karena merasa dikasihani.
-_-
Maap del! Aku ngerti hal itu a bit disgusting and should not be done. But, kamu ngertilah gimana keadaan pas deket-deket hari tidak sukses iku. Masih gak stabil banget! Masih galau sana-sini.
Di saat semuanya SUDAH DAFTAR ULANG, sini masih aja merogoh kocek. Buat apa? Buat daftar tes-tes lain dong.
Belum lagi malu dan aib yang ditanggung keluarga. Lekas membekas. Setidaknya, di sini. Sambil nunjuk jantung.
Aku ngerti dell, aku salah gak ngebales-bales smsmu yang dulu iku. Tapi, if I only knew it that it’s wrong, I wouldn’t have done that. Aku ngerti aura sms kita jadi suram mendung kelabu. Tapi, memang suasananya sedang begitu.
If I only knew it that I’d regret it later, wouldn’t have I done that. Truly.

Aku ngerti, kegagalan itu ya sumbernya dari dari sendiri. Maaf, saya bukan penganut fatalism, saya percaya bahwa adanya suatu merupakan akibat dari sesuatu sebelumnya.
Aku ngerti aku gagal SBM dan tetek bengeknya itu karena salahku sendiri. Yap!
Aku yang kurang pintar.
Aku yang kurang total.
Aku yang kurang rajin, tentunya.
Aku yang kurang bersyukur, mungkin. Likely!

That’s why I failed! Then, what did I get from these stuff?
1.     I try to be more and more and more grateful.
Just be grateful, and we will feel like heaven is on earth.
2.     Just as Della’s said, JUST SHUT UP!
And I added, JUST SHUT UP AND DO SOMETHING!
Grumbling won’t make anything change. THAT’S IT! SHUT UP!
3.     I try to be down-to-earth. What can I proud of stuff like MANDIRI? -__-
With this status, there is no way I can show off. Amin, my Lord!
4.     I try to be more and more and more diligent! Remember, you’re a mandiri. Tidakkah kau malu untuk dipermalukan lagi?
Like what I watched on NatGeo Brain Games Season2:
Fear is a way for us to survive.
Fear of dark, we found light bulb.
Fear of fail, we try hard!
5.     There are always two sides of a story. I found it in movie titled The Spectacular Now.
Yep! Yes, being failed on those stuff really makes me screwed. But, there is always a good side in it, no?

            So, then, my friend. The only friend I count on. Please, forgive me for having been envious to you. I didn’t mean it. Really.
            I am sorry.
            And, thank you for always being in my side. Thanks for always be my friend. Thanks for always be there!
            Even though I can barely remember what our first time is, but, the only thing I know is just we’re friends. At least, right now.
            Mujhse dosti karoge? Would you be my friend?

           
Well, this is my mathematician boyfriend said to me, recited from Thomas Alva Edison’s quote.
            “I found 99 ways not to create a light bulb”. And now, I found another one! :D
           
            And, this is from my favorite movie, Yeh Jawaani Hai Diwaani.
            “No matter how hard we tried, we will still miss out something in our lives. That’s why, just enjoy this moment”.
            Betapapun kita mencoba, kita pasti akan melewatkan suatu hal dalam hidup kita. Oleh karenanya, nikmatilah saja saat ini.
            Ingatlah, ketika kita melewatkan sesuatu, kita pasti di saat yang sama tengah menikmati sesuatu. We lose something, and we gain something. Let’s be grateful with our present.

            Terima Kasih! Terima kasih buat makhluk-makhluk Tuhan paling keren yang selalu ada kapan pun.

            Terakhir, berikut adalah kutipan pesan-pesan singkat dari berbagai orang baik di sekitar saya, meliputi sebelum, saat dan sesudah 8 Juli 2013.




In my little room.
Malang, February 27th 2014
10.31 p.m.

Salam Cogito Ergo Sum!!
Alphard :*

Maaf sudah banyak bacot.
Aku gak ngerti kapan kita jadi deket buat yang pertama kali, tapi, yang pasti, kenangan pertamaku tentang kamu ya kamu yang selalu memakai topi yang sama dan rambut yang selalu panjang selama tiga tahun di SMP itu.

Nah, kan! Gak jadi nyatet Struktur Anorganik! Kamu sih, ah! -_-


P.S.: Here it is. Don’t cry, please! 
Just stay calm and surrender to HIM, to HIM only..

Iya, I am and will be with you no matter what..

Oh iy, misal ad segi3 sma sisi, prsgi, segi5 braturn, dst smpe lngkrn yg luasx sama, yg KELILINGny pling bsar iku segi3 sama sisi (yg SISINYA pling sdkit).

Terus, misal ad segi3 sma sisi, prsgi, segi5 braturn, dst smpe lngkrn yg kelilingx sama, yg LUASny pling bsar iku lingkrn (yg SISINYA pling byk)

Zbb jeng..Yoo mboh meneh seh lek koran'e melebih"kan 
Yoo aq see gelem" ae. Timbang terkatung" g jelas, drung due sekolah kyok ngne _mending melbu dadi maba UB. 
Kan lek awak dewe isok dadi maba UB (amin), insya allah, awak dewe isok meningkatkn rating'e yaa#mangkakno, trimo'en awak dewe UB! Trimo'en yoo? (Amin) =D

Sekolah bagus gak harus ptn, pts juga bagus kok. Kalo emang targetmu ptn, masih ada tes mandiri. Bisa dicoba kalo kmu mau.Yo gak tau rencana apa dan siapapun gak ada yg tau. Tetep huznudzon. 
Sedih dan kecewa itu wajar banget, tapi jangan berlarut2 yaa..

Be calm, please.. It isn't the end of everything..

Sabar yo naak.. Allah ga tidur kok. Mgkn saat ini Allah pngen km mendkat k Dia,  
Inget gak, 
Ak kan prnah crita klo ak pnya guru sg krja d opec, nah dy itu pnya kponakan, Kponakannya itu lulusan trbaik d univ trbaik austria jurusan tknik robot. Tp dy 100x lbih d tolak krja, Tp dy ga ptus asa, ttp nyoba stiap ad ksempatan.. 
Saiki dy d tnjuk jd kpala pngembngan d siemen, Inget notes km. Sdih oleh Tp ojok kmakan sdih, Masi ada jalur lain dan univ lain 
Semangat!

Lho? Li...Uhm, do not despair! Like what you wrote 'MOVE ON!' I wish nothing, but the best for you..

Tak hibur wes, tapi yaopo cara e :x

Ojo frustasi ngunu mbak.. senyum doonggg :]

Amin ! Take that - the flood. Such a great music, mewakili situasi iki. Rungokne + deloken videone. Spirit booster :) 
So, we're waking up, aren't we ? :)

He, ..Ak lek ndelok sponsor e indomie, ndelok aktor.e mesti kelingan wong sing dodol nd pasar sing kyok uob, trus maleh merujuk nang uob. mbyangno mbek dgwo mleh rasane bedo ,

Maap ya klo aku nyuruh2 kmu bljr, aku jek kuatir bgt soale ama kmu & mslh kul iki..

Aku gak roh carane yo opo.Trus aku yo ganok plihan maneh. 
Bahasa, aku gak bnyak ide *gak kreatip* 
Ips, apalanku gak apik, gak nyambung pisan. 
Pljrn ipa liyane onok praktikum e dan aku wegah. Haha 
Wes gak usah mikir soshum. Gak cukup persiapan e. Saintek ae ws li.  
Kimia mantep yo?? Kari pilihan keduane.

Teman seperjalanan baru saja brkata:'Jika kamu harus menanggung ganjaran; Allah memperlakukan kamu seperti anak. Dimanakah terdapat anak yg tdak dihajar olek ayahx? Tetapi, jikalau kamu bebas dari ganjaran yg harus diderita setiap orang, maka kamu bukanlah anak, tetapi anak2 gampangan. Memang tiap2 ganjaran pd wktu ia diberikan tdk mndtangkan sukacita, tetapi dukacita. Tetapi kemudian ia mghasilkan buah kbenaran yg memberikan damai kpd mrka yg dilatih olehnya. 
'So, plis, .. Ak sumfeh kudu nangis mco2.i statusmu. Bersukacitalah dalam pgharapan, sabarlah dalam ksesakan, dan bertekunlah dalam doa!

Owrait! Ak sneng awkmu glem mbles sms.ku 
#ngnteni balesan.mu , mgkin kyok awkmu ngnteni blsan tko haydar# 
Ak sneng awkmu wes bgkit maneh. Ojo lali ditirakati pnjaluk.an.mu. bljar bole ekstra keras, tpi ojo lali having fun barang sbntar  
I'm only up when you're not down, Silvermist. Yoes ah, ak maleh kakean cangkem.Tak turu yo?Nite, dudine :)

Ak gendeng mkir awakmu2 sing drung oleh rejeki *wes a, mewek wes*  
di.sms , pdhal yo gak brniat mnynggung dsb.. Tpi mesti ae pkiran.e elek dhsik 
mbales.o a, aura sms.e jan gk penak blas..Yaweslah, sing pnting jgn brsungut2.. Prcyalah ada pelangi di hidupmu.  
Lha ncen hayo.. Pdhal awakmu2 iku yo wes brlaku sjjur2.nya, kok sek ono ae lanjutan e 
wes ah. Aku turu. Awkmu lek melok mewek2 o, menisan smbhyang tahajud

SEMANGAT YAK! Lek grap sing tenang nan damai..Good luck, dudine ;) don't forget to pray and invite Him!

Mbak today is the day right?  
GOOD LUCK MBAK!! BE POSITIVE, DON'T LET THE DOUBT BRING YOU DOWN !!!!!!!! WE KNOW THAT YOU CAN DO IT BETTER THAN THE OTHER !!!GANBATTE!!!
 Really! Don’t cry! #plakk 

2 komentar:

Masitha Dwi Amira on 27 Februari 2014 pukul 23.34 mengatakan...

Liaaaa! Sebegitu ingin kah kamu di prodi itu? Tapi.. Kita kan gatau rahasia Allah memasukkanmu di prodi kimia. Inget kan kalo Allah sang sutradara terbaik? Rencana Dia itu paling baik daripada rencana terbaik penduduk bumi sekalipun :"

Btw, itu inisial MDA kayak pernah kenal deh :D

Unknown on 2 Maret 2014 pukul 04.18 mengatakan...

cie! masitha :D
yaa.. pengen bingit ta.. tapi, kan.. udah mentok gak berjodoh sama itu u,u
yaa.. inget..
mungkin di kimia hidup akan lebih baik. amin.

iya, aku juga kenal.. tapi siapa ya? :p

Posting Komentar

Hello, world! Leave a trace and lemme see you....