Minggu, 29 Juni 2014

Jurnal Remaja Labil: Susahnya Punya Tampang Pas-Pasan



Di sinetron atau drama mana pun, mau Jepang, Korea, atau malah opera sabun khasnya pertelevisian Indonesia, yang namanya cinta segitiga emang paling favorit top abis dah! Bagaimana egak? Kapan lagi tuh ada cewek yang galau gegara dua cowok yang duaduanya pula disukai sama ceweknya? Sadisnya lagi, kenapa tiap kali ada cinta segitiga gitu, ceweknya biasa-biasa aja (bahkan culun kadang), tapi cowok-cowoknya kece abis?? Kenapa cowok-cowoknya kudu yang kece berkilau bersinar? Kenapa mukanya mesti ganteng? Kenapa musti jadi bintang basket? Kenapa musti senior yang pinter terkenal pun juga jadi ketua osis? Kenapa? Kenapa??
            Deskripsi di atas tentu saja ala FTV Indonesia.
            Nah, di drama korea ama jepang jugak gak mau kalah! Si cewenya itu lhooo udah tua, tapi kenapa cowok satunya masih muda?? Udah muda, calon dokter, chaebol (anak orang kaya) pula! Nah, cowok satunya, udah sama-sama tua, tapi kenapa musti udah mapan, kece, dan berkarisma??


            Jujur, aku iri sama ntu cewek-cewek yang bisa direbutin ama cowok-cowok kece itu!
            Aku udah hidup belasan taun, tapi…. Gak ada tuh cowok yang mau deketin?? Apalagi cinta segitiga macem itu, cinta dua segi aja gapunya….
            Bener-bener tuh tivi! Ngebuat orang delusi dan berhalusinasi. Membuat semua cewek yang biasa-biasa aja tuh naruh harapan terlalu tinggi buat direbutin cowok ganteng kaya nan perhatian.
            Bagaimanakah dengan nasib nyata para mediocre ini?
            Ya sudah lah ya. Terima nasib dan terus berusaha aja. Hwaiting!
            Di kampus (atau mungkin di dunia nyata) aku tuh kenyataannya persis banget sama lagunya AKB48 atau JKT48 yang judulnya Koisuru Fortune Cookie.

            Meski cowok bilang gadis ideal yang punya kepribadian baik, penampilan itu menguntungkan. Selalu hanya gadis cantik saja yang ‘kan dipilih menjadi nomor satu.
            Please, please, please, oh, Baby. Lihatlah diriku.

            Nah! Nyesek kan tuh yang penampilannya biasa-biasa aja atau malah, sialnya, di bawah standar?!
            (nangis di pojokan)
            Penulis yang notabene juga gadis yang buiasah-buiasah aja (Maaf, penulis terlalu ngenes kalo bilang ‘di bawah standar’). Pernah ngalamin kejadian pait gara-gara wajah dan penampilan.
            Dulu pernah, waktu SMA, kek gini. Dan, perlu Anda ketahui, hal ini adalah salah satu  penyebab kenapa masa SMA penulis gak begitu bahagia. #Nah lo?
            Dulu tuh hari-hari sekitar lebaran dan di kelas lagi ada acara buat keliling ke rumah guru-guru. Demi penghematan, penulis dan kawan-kawan harus pinter-pinter nyari tebengan dong. Kebetulan yang bawa motor cuma cowok-cowok aja, nah, akhirnyaa…. Pada malam sebelumnya:
            A          : Blablabla..
            X          : Blablabla..
            A          : Kamu besok mau nebengin siapa?
            X          : Gak ada sih.
            A          : Hmm, aku boleh nebeng?
            X          : Boleh.
            A          : Wah, makasih ya! Besok aku nebeng kamu yaa?
            X          : Siaap.
            (Dialognya ya emang gak persis itu sih, tapi, intinya gitu. Intinya dia udah oke mau nebengin!)
            Keesokan harinya pas udah kumpul di depan SMA dan udah mau berangkat. Si makhluk golongan adam yang bernama X itu nebengin temen gueeeeeeeeh!! Aku mah emang sebelumnya gak bilang-bilang apa-apa, gak nagih dia yang mau nebengin aku semalem itu, ya kan aku dan dia sudah berjanji. Jadi, kupikir dia bakalan inget terus mau nebengin aku, orang aku juga udah deket-deket sama motor dia, biar inget gitu. Aiiih, ternyata, aku gak ada tebengan! Dia nebengin temen gueeeh. Dan, kau tau, tentu saja temenku yang ditebengin dia itu lebih appealing  banget dibanding akuh! Nyesek, boi. Nyesek. Yah, akhirnya, aku naik angkot bersama makhluk-makhluk lain yang gak dapet tebengan.
            Ada lagi! Ini pas kuliah kemarin itu. Yang ini kejadiannya aku didzalimi sama mas asisten praktikum yang ngasihin lembar acc praktikum ke temenku yang kece abissss. Sebelumnya yang minta acc kan aku sama temenku (yang ini lain lagi orangnya), soalnya di kelompok aku tuh udah hilang semua membernya entah kemana. Biasaaa, kalo udah masalah beres-beres, emang gaada yang mau ngelakuin, kan?
Pas lagi makan, oke! Pas nyuci piring? Elu aja. Kek gitulah analognya.
Terus si asprak ngasih yg udah acc ke temenku itu, dan aku gak tau kapan ngasihnya dan temenku juga belum ngasih tau. Udah deh, aku nyari aspraknya kemana-mana. Aku kan jadi merasa bertanggung jawab, berohh. Eh, ternyata udah dikasihkan ke dia yang tadi. Yosh! -.,-“
            Belum lagi kejadian aku yang antre duluan, tapi sama mas kasirnya aku digeser gara-gara ada orang cantik di belakang aku! Duuuj…. Udah deh ya, yang gak keren jangan deket-deket sama yang keren. Keliatan buteknya ntar.
            Yang lebih menarik emang lebih didemenin. Ya, kan? Ya gak sih? Tunggu?? Apanya yang menarik nih? Define me “menarik”!
            Anda tidak menarik secara fisik? Ya gak bakalan didemenin ama orang yang sukanya sama yang fisik-fisik.
            Kerennya, Tuhan itu adil beroooh…. Kita bisa menarik dengan cara kita sendiri, gaees!
            Elu gak menarik wajahnya ya kagak bakalan didemenin ama orang yang sukanya cuman ngeliat wajah. Dan, kenapa yang sukanya cuman ngeliat wajah kebanyakan diderita oleh sebagian sangat besar cowok-cowok?? Cewek juga sih, banyak. Lha mau gimana lagi, wajah kan yang pertama kite-kite liat. Ya itulah yang nempel banget di kesan pertama.
            Elu kagak menarik secara ekonomi ya kagak bakalan didemenenin sama orang yang otaknya isinya dollar ajah.
            Elu kagak menarik otaknya ya kagak juga bakalan didemenin sama orang yang ngeliatnya otak.
            And so? Kau mau menarik dari segi apa? Orang gak bisa perfek semua-muanya bro! Walaupun dia limit mendekati perfek, udah cantik, pinter, kaya, perhatian pula. Itu cuma limit beroh, cuma mendekati. Jadi pasti ada kekurangannya ntu orang, cuman, kau aja yang kagak bisa liat. Jadi, janganlah berkecil hati. Nobody’s perfect.
            Jadi, maksud aku di sini, tingkatin apa yang bisa kau tingkatin, biar level kekucelanmu itu ketutup dikit ama yang bagus-bagus. Walaupun kau tidak sempurna, gak apa-apa kok. What’s wrong with being imperfect?
            Jangan deh kamu iri-iri gak jelas sama orang lain yang elu liatnya sempurna banget. Ada kok yang dia gak bisa tapi kamu bisa? Dan, sebaliknya juga sih. Hehehe~
            Anda tidak cantik? Jadilah pintar, jadilah kaya juga boleh. Jangan operasi plastic deh ya kalo keadaan fisik kamu itu normal, gak bersyukur ama pemberian  Yang Ngecat Cabe itu namanya.
            Cangkang itu penting, tapi lebih penting juga isinya. Jadilah semacem duren, di luarnya nyeremin,  tapi dalemnya enaknya syuuurgaaa. Jangan jadi macem kedondong, luarnya mulus berkilau, dalemnya asem. Tapi ya jangan pula jadi mengkudu busuk, udah busuk, cangkangnya gak berwujud, isinya malah lebih busuk.
            Katanya pacarku yang kece abisss (menurutku sih), “Kulit itu emang penting, tapi lebih penting isinya. Kalo luarnya bagus, dalemnya busuk, sekali orang tau busuknya, orang gabakal lagi mau deket-deket dia. Tapi kalo luarnya juelek tapi dalemnya baik, setelah orang tau kebaikannya, orang itu bakalan terus sama dia. Tapi ya jangan jadi yang luar busuk dan dalemnya busuk juga. Kalo bisa sih, luar ama dalemnya sama-sama bagus”. Abis kalimat terakhir, aku langsung menganiayanya. Aish, beruntung banget kalo yang dua-duanya bagus.
            Just be your own true self. Ini kata-kata mutiara yang aku ambil dari film Tinkerbell, kayaknya. Selama kau benar, jangan pernah berubah. Kalo kebanyakan ndengerin kata orang, kita bakalan blibet sendiri deh. Emang orang lain itu apa kita? Kenapa hidup kita mau disetir aja ama orang lain? Wong bahagiamu itu loh adalah urusanmu. Dengerin orang lain boleh doong, tapi jangan sampai orang lain itu malah membuatmu galau. Inget, orang lain cuma sebagai fasilitator, keputusanmu itu ya ada di otakmu.
            Jadi inget kata-katanya pak habibie, “Guru terbaik adalah otak saya”. Jangan ngeles!! Emang bener kan? Orang lain hanya sebagai fasilitator, eksekutornya ya kamu itu. Iya! Kamu!
            Ini aku nulis apaan sih?!
            Maaf ya kalo ada yang kurang berkenan. Tulisan ini aku tulis (nah, blibet) karena efek nonton drama korea Witch’s Romance.

1.48 p.m.
D-1 Ramadan 1435 H
27 June 2014
D+1 2nd term 2013-2014 final exam

Jika kita menyerah, habislah kita! –Top Ittipat, yang punya Tae Koi Noi

Berhenti artinya mati. –Saptuari Sugiharto

Jika engkau berhenti, semua berakhir. –JKT48, Gadis Remaja
            

0 komentar:

Posting Komentar

Hello, world! Leave a trace and lemme see you....